All You Can Eat With Love :)

10 Makanan Khas Betawi

Setiap daerah tentu memiliki makanan khasnya masing-masing, demikian pula Ibukota Jakarta. Ada banyak sekali makanan dan minuman khas Jakarta yang harus Anda ketahui dan cicipi. Setidaknya ada sekitar 30 jenis makanan khas Betawi Jakarta ini yang dapat Anda cicipi, dan beberapa diantaranya mulai sulit dicari. Berikut ini adalah 30 jenis makanan khas Betawi Jakarta yang harus Anda coba, karena cita rasanya yang unik, dan pastinya bikin nagih :

1. Kerak Telor


youtube.com/watch?v=XdQxtQFfxiM
Makanan makanan khas Betawi Jakarta pertama yang akan dibahas adalah Kerak Kelor, siapa yang tidak kenal makanan khas Betawi yang satu ini. Bahan utama dari makanan ini adalah nasi yang dicampur dengan telur dan aneka bumbu lainnya.
Telur yang digunakan ada 2 jenis, yaitu telur ayam atau telur bebek. Cara memasak camilan yang satu ini adalah dengan cara di panggang, di atas kuali yang dibawahnya menggunakan tunggu arang. Setelah nasi dirasa matang, kemudian dibalik, dengan teknik nasi yang menghadap bara api, bukan dibalik di atas kuali. Setelah matang, kerak telor ini akan ditaburi dengan bawang goreng dan juga serundeng.

2. Kue Ranggi


snap361.com
Penganan khas Betawi lainnya adalah kue Ranggi. Kue yang satu ini terbuat dari tepung beras atau bisa juga terbuat dari tepung kanji, dan juga kelapa parut. Cara membuatnya adalah dengan menggabungkan kedua bahan tersebut, kemudian dipanggang di atas api kecil menggunakan cetakan.
Cetakan yang digunakan berbentuk setengah lingkaran, seperti kue pancong. Setelah matang, kue tersebut akan ditaburi dengan lelehan gula merah cair, yang sebelumnya sudah dicampur tepung kanji, agar lebih kental.

3. Soto Betawi


migrationology.com
Makanan khas Betawi Jakarta yang satu ini memang cukup populer dan tidak sulit mencarinya. Pada dasarnya soto Betawi ini, tidak jauh berbeda dengan soto lainnya yang ada di Indonesia. Dimana isi soto ini menggunakan aneka jeroan sapi. Bahkan terkadang mata, torpedo dan juga hati, turut dicampurkan ke dalam soto tersebut. Sedangkan kuahnya adalah campuran santan dan juga susu, yang ditambahkan dengan berbagai macam bumbu lainnya. Ini yang membuat soto Betawi demikian khas.

4. Nasi Kebuli


happyfresh.id
Ini adalah makanan khas Betawi Jakarta lainnya, dimana hidangan yang satu ini cukup populer di kalangan warga Betawi keturunan Arab. Jika dilihat, makanan yang satu ini mirip dengan nasi Biryani di Arab.
Nasi Kebuli ini adalah nasi yang ditanak bersama kadu kambing, dan juga susu kambing atau bisa juga diganti dengan santan. Yang dicampur bersama tumisan daging kambing, dan aneka campuran bahan rempah lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, lada hitam, jintan, ketumbar, dll. Makanan ini paling nikmat jika ditambah dengan asinan nanas.

5. Asinan Betawi


myeatandtravelstory.wordpress.com
Asinan Betawi ini, berbeda dengan asinan Bogor. Jika asinan Bogor menggunakan aneka buah-buahan tropis seperti papaya, kedondong, mangga muda, dll. Sedangkan asinan Betawi menggunakan berbagai macam jenis sayuran, seperti kubis, sawi, taoge, dll.
Baik asinan Bogor maupun asinan Betawi ini dibuat dengan teknik pengacaran, yaitu diasinkan menggunakan garam lalu diberi cuka agar terasa asam. Dengan menggunakan kedua bahan tersebut, membuat makanan yang ada jadi awet, dan mempunyai cita rasa yang menyegarkan.

6. Gado-gado


ulinulin.com
Makanan yang juga dikenal sebagai Vegetarian food from Indonesia ini, adalah jenis makanan yang hanya terbuat dari aneka sayuran. Bahan yang digunakan cukup beragam, mulai dari kangkung, kubis, dll.
Sedangkan bumbunya menggunakan kuah kacang, yang sudah ditambah dengan aneka macam bumbu. Cara mengkonsumsinya adalah dengan ditambahkan emping, atau ada kalanya ditambahkan juga telur rebus. Kuliner ini cukup terkenal, dan siapa saja pasti menyukai makanan yang satu ini.

7. Ketoprak


resepmasakano1.blogspot.com
Makanan yang satu ini kerap dijadikan sebagai salah satu kuliner khas makan siang untuk sebagian orang yang tinggal di kawasan Jakarta. Rasanya yang khas dan juga mengenyangkan, sekaligus murah, membuat makanan yang satu ini banyak Anda temukan di mana saja. Kuliner yang satu ini terbuat dari lontong yang ditambah saus kacang. Sebagai pelengkap ditambahkan aneka sayuran mentah, tahu goreng, dan juga kerupuk.

8. Nasi uduk


berwirausaha.net
Makanan lain yang juga cukup poluler di Jakarta adalah nasi uduk. Makanan yang satu ini, kerap Anda jumpai sebagai salah satu menu sarapan pagi. Bahan utama dari makanan ini adalah nasi putih, yag ditanak menggunakan santan dan diberikan berbagai macam rempah, seperti kayu manis, jahe, pala, merica, dll. Sehingga cita rasa nasi menjadi lebih nikmat, sebagai pelengkap, ditambahkan juga tahu goreng, telur dadar, dan juga emping goreng.

9. Roti Buaya


flickr.com
Ini adalah salah satu hidangan khas Betawi yang selalu ada di acara pernikahan atau juga acara tradisional Betawi lainnya. Ada makna khusus dari roti buaya ini, membuat makanan yang satu ini selalu hadir pada acara khas Betawi. Saat ini, roti buaya sudah mengalami berbagai macam inovasi, dimana roti yang dulunya tidak memiliki rasa, kini memiliki isian berupa aneka macam selai.

10. Dodol Betawi


merahputih.com
Dodol Betawi ini juga salah satu kuliner khas yang biasanya hadir di acara khas Betawi, Idul Fitri dan juga Idul adha, dimana rasa yang ada hanya terdiri atas 3 macam, yaitu, ketan putih, ketan hitam dan juga rasa durian. Sedangkan teknik membuatnya tidak jauh berbeda dengan teknik membaut dodol di daerah lainnya. Dari segi rasa, kuliner ini memang mempunyai rasa yang unik.

Sumber : https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-betawi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard